Thursday, October 25, 2012

DI LUAR EKSPEKTASI!


Orang-orang beranggapan kalau saya adalah anak yang pintar jika mereka melihat latar belakang pendidikan saya. Tapi, yang saya sendiri rasakan adalah saya merasa malu dengan ekspektasi orang-orang yang berlebihan tentang saya. Hehehe. Paman saya pernah bercerita kalau ada anak yang ingin seperti saya. Bisa sekolah sampai tinggi. Jadi bertanya pada diri sendiri “Apa diri saya begitu menginspirasi?”. Seorang ibu-ibu juga pernah berekspektasi kalau saya di kampus pasti menjadi asisten dosen. Huee... Padahal kenyataannya tidak.
Teman saya pernah bilang kalau anak terakhir itu kebagian sisa-sisa. Sisa-sisa maksudnya gimana tuh? Maksudnya nggak akan secantik maupun sepintar kakak-kakaknya. Sebagai anak terakhir, pendapat teman saya membuat saya berpikir keras. Saya anak terakhir tapi saya dan seorang kakak saya yang lahir sebelum saya punya wajah yang imut. Unyu-unyu. Baby face gima gituh... hehehe. Dan untuk kecerdasan. Kalau kecerdasan saya kurang dibandingkan dengan kakak-kakak saya kenapa saya dikuliahkan oleh kakak-kakak saya?. Mungkin kedewasaan saja yang kurang. Dan susah untuk dibilangin walaupun pada akhirnya akan menjadi seperti anak yang penurut juga.
Teman saya juga pernah bilang kalau saya cepat dalam mencerna pelajaran. Saya rasa dia salah. Saya pikir saya lemot seperti yang dibilang oleh kakak saya sendiri. Saya tidak pernah berpikir saya pintar atau saya hebat. Tapi kalau melihat perjalanan hidup saya khususnya dalam dunia pendidikan, saya justru berpikir kalau saya ini lambat. Ya, bagaimana saya bisa dikatakan pintar kalau saya baru bisa membaca jam itu sekitar kelas 3 atau 4 SD. Dan saya baru paham bagaimana menghitung perhitungan dengan bilangan bulat ketika saya kelas 2 SMP padahal satu tahun sebelumnya sudah sempat ada pelajaran tentang itu juga. Bahkan sampai sekarang saya masih tidak paham dengan arah mata angin. Saya buta arah. Saya tidak akan tahu bagaimana menunjukkan posisi/arah kepada orang lain dengan mudah dan jelas.
Jadi, Tidakkah mereka terlalu berekspektasi yang berlebihan tentang saya? Dan itu membuat saya merasa malu juga terkadang ingin tertawa sendiri. Hehehe.

Rabu, 24 Oktober 2012
23:35

No comments:

Post a Comment