Friday, February 10, 2017

[KDrama] Goblin Part I: The Sword and The Bride

Goblin - Korean Drama
Goblin
Habis DOTS (Descendents of the Sun) terbitlah Goblin. Yups, dua drama ini memang ditulis oleh penulis yang sama yaitu Kim Eun Sook. Goblin tayang 16 episode dan baru tamat bulan lalu. Goblin dibintangi oleh Gong Yoo sebagai Kim Shin/Goblin, Lee Dong Wook sebagai Grim Reaper alias Kim Woo Bin alias Wang Yeo, Kim Go Eun sebagai Ji Eun Tak, Yoo In Na sebagai Sunny serta Yook Sung Jae sebagai Yoo Deok Hwa. 
Finally, om Gong Yoo ngedrama lagi. Saya sendiri jadi bias ini sebenarnya suka sama drama Goblinnya apa yang meranin Goblin. Hahaha. Habis udah nungguin om Gong Yoo lama banget nggak ngedrama tau dia bakalan ngedrama jadi excited. Hehehe. Ternyata penulis Goblin ini udah ngincer om Gong Yoo buat main drama yang ditulisnya itu udah bertahun-tahun tapi selalu ditolak. Kegigihan tante penulis ini berbuah manis juga karena om Gong Yoo mau main di drama Goblin. Kalau om Gong Yoo dideketin sama penulisnya beda nasib sama Lee Dong Wook yang harus meyakinkan tante penulis supaya dia bisa meranin karakter Grim Reaper. Bisalah ini belajar dari Lee Dong Wook, kalau nggak dijadikan pilihan atau dipilih… deketin aja terus sampai dipilih. Hehehe.
Dramanya boleh aja udah selesai tapi, rasa sayang penontonnya ke drama ini dan cast-castnya belum kunjung selesai juga. Hehehe. Masih pada baper aja. Hahaha. Oiya, sebelum drama ini tayang saya kira drama ini ceritanya bakal kaya "City of Angel" yang malaikatnya pada akhirnya jadi manusia atau kayak drama "Gumiho" yang siluman rubah pengen jadi manusia. Sama-sama genre fantasy soalnya. Hehehe.

Goblin and His Sword
Kim Shin alias Goblin (Dokkaebi) ini pas pertama kali lihat bawa pedang gitu mengingatkan saya sama Cloud Strive dari Final Fantasy dan Ichigo Kurosaki dari Bleach. Hahaha. Sama-sama swordman. Hahaha. Selama ini nonton drama korea yang pakai pedang gitu biasanya kan drama-drama sageuk, nah di drama ini di era modern juga Goblinnya masih bawa pedang. Asli keren aja lihatnya, dengan visual modern long coat gitu bawa pedang, ya kelihatan kayak super hero gitulah. Cool! Hehehe. Jadi menurut saya, inilah yang bikin dramanya terasa beda. *aslinya nggak tau juga sih ada drama korea lain yang kayak gitu juga apa nggak. Maklum saya nggak nonton semua drama korea. I'm so picky about what i watch.
goblin-korean drama
Yang bikin sedikit ganjal itu... Kan pedangnya tertancap di dadanya Goblin kan ya? Tapi, Goblinnya tetap bisa ngeluarin pedang lain (?) yang dia pake buat fight. Terus, itu pedangnya kayak baru visible kalau diomongin aja ya sama pengantin Goblinnya. Kayak kalau pas mau dicabut gitu. Habis Goblin kalau pelukan nggak keganggu gitu sama pedang yang di dadanya. Hahaha.

Saya merasa kasihan sama pedangnya, tepatnya dari episode 14 sampai selesai. Plot ceritanya kan untuk mengakhiri kehidupan immortalnya Goblin yang udah 900 tahun lebih, pedang Goblin harus dicabut sama pengantin Goblin (cuma dia yang bisa lihat pedangnya). Nah pas udah dicabut dan Kim Shin hidup lagi, eh dia tetap jadi Goblin cuma bedanya tanpa pedang. Kirain jadi manusia. Jadilah makna pedang dari episode 1 sampai 13 berasa hilang. Tapi, disini jadi tahu ya kalau writer-nim nya konsisten, judul dramanya kan Goblin jadi Kim Shin forever Goblin.

Goblin and His Bride
Goblin's bride ini ternyata anak SMA. Dia arwah hilang. Soalnya seharusnya dia sudah mati tapi karena bantuan Goblin ke ibunya, dia bisa dilahirkan. Dia bisa melihat hantu dan dia punya tanda lahir yang dianggap sebagai bukti kalau dia pengantin Goblin. Dia pertama kali bertemu Goblin ketika papasan di jalan di bawah air hujan (khas drama korea banget ya…). Terus bertemu lagi ketika merayakan ulang tahunnya sendirian di pinggir laut. Lilin di tiup dan Goblin pun datang. Hahaha. Padahal Goblinnya lagi ngegalau di ladang bunga buckwheat. Dia bertemu sama Eun Tak sambil membawa bunga buckwheat. Terus Eun Tak minta bunga itu sebagai hadiah ulang tahun.

Goblin kaget pas Eun Tak bisa ngikutin dia lewat “pintu kemana saja”. Kalau Eun Tak sendiri kegirangan bisa ke luar negeri (ke Quebec – Kanada). Akhirnya disana Eun Tak udah mutusin kalau dia akan menikah dengan Goblin. 
Apalah daya...dia Pengantin Goblin
Sementara saya cuma Penonton Goblin
Di scene itulah saya merasa envy, habis bisa cengengesan nyatain cinta ke handsome tall oppa gitu. Pas itu langsung keinget juga soal berita acara award dimana ada member girlband yang confess ke Jung Woo Sung. Confess pakai dialog Jung Woo Sung di filmnya yang “A Moment to Remember”. Envy bisa pada ngomong kayak gitu ke makhluk tampan. Walau maksudnya cuma teasing aja. Lha saya? Bercandaan kayak gitu nggak bisa saya lakukan. Kemudian saya jadi memunculkan pertanyaan: “pernah nggak sih di kehidupanmu, kalian bertemu sama makhluk tampan secara tidak sengaja. Misal kayak ketemu di public transportation terus ternyata dia duduk di sebelah kamu”. Kalau saya belum pernah. Hahaha. Ini kayak saya kalau di real life itu nggak punya crush sama sekali, giliran di dramaland saya punya. Hahaha. Ini kok saya malah jadi keluar jalur gini ya… Okeh, kembali lagi ke Goblin ya…

Ekspresi Goblin yang Mendadak Takut Mati.
Lucu ya...
Goblin nggak percaya kalau Eun Tak itu pengantinnya, karena dia nggak bisa lihat pedangnya. Eh sampai suatu hari datanglah gadis 19 tahun ini ke kediaman Goblin. Goblin dan Grim Reaper yang ada di rumah kaget karena mendengar bunyi bel di rumahnya. Soalnya belnya nggak pernah bunyi selama waktu yang lama. Eun Tak kaget juga karena Goblin ternyata tinggal serumah dengan Grim Reaper. Saat itu Eun Tak bilang ke Goblin kalau dia benar-benar bisa melihat pedangnya. Seketika Goblin kaget. Mendadak dia takut mati. Hahaha. Akhirnya Eun Tak pindah ke rumah Goblin dan Grim Reaper karena ditinggal pergi oleh bibi dan dua sepupunya. Pas mau masuk ke rumah Goblin lucu, Eun Tak nggak bisa masuk karena Goblin dan Grim Reaper nggak tau password rumahnya. Yaiyalah mereka biasanya masuk keluar rumah langsung menembus pintu bisa. Hahaha.
Goblin ini lucu kalau galau. Kalau sedih bikin hujan lokal, kalau bahagia bikin bunga-bunga bermekaran biarpun bukan musimnya. Hehehe. Kalau jealous juga lucu. Goblin jealous sama Tae Hee oppa, cinta pertamanya Eun Tak. Tae Hee ini sudah pernah bertemu dengan Goblin pas masih kecil dan dia merasa aneh pas udah besar ketemu lagi tapi Goblin masih sama, nggak kelihatan bertambah tua. Hahaha.
Goblin sama Eun Tak quality time berdua dengan nonton bioskop. Film yang ditonton itu film “Train to Busan”. Dan ngakakslah liat om Gong Yoo nonton filmnya sendiri tapi heboh ketakutan sendiri kayak gitu. Hahaha. Jokesnya bisa banget nih writer-nim nya.

Ekspresi Goblin Habis First Kisseu. Hahaha.
Goblin bersiap mati. Dia sudah pamitan dan ngasih surat rumah ke Grim Reaper, ngasih credit card ke Deok Hwa, nitipin lukisan wajah adiknya ke Presedir Yoo, dan sudah ngasih ke Eun Tak tas mahal, parfum sama uang sesuai keinginan Eun Tak. Eh ternyata di buckwheat field, pengantinnya nggak bisa nyabut pedangnya. Nggak bisa megang pedangnya malah. Eun Tak dan Goblin sama-sama bingung. Eun Tak pikir dia harus kisseu Goblin kayak di dongeng-dongeng supaya misinya mencabut pedang bisa berhasil. Terjadilah first kisseu itu dan Goblin habis kisseu ekspresinya haduh…hehehe. Lucu. Goblin pun balik ke rumah. Grim reaper dan Deok Hwa kaget melihatnya pulang dalam keadaan hidup-hidup. Hahaha. Grim Reaper kesal ke Eun Tak karena dia nggak bisa menjalankan tugasnya dengan baik (tugas mencabut pedang Goblin). Goblin meminta hadiah yang sudah diberikannya supaya dikembalikan.
Goblin - Korean Drama
Ngedate di bawah Tiang Listrik
Upaya pencabutan pedang berikutnya terjadi di bawah tiang listrik. Oiya, Goblin dan Eun Tak ini kayaknya sering bener ketemuan di bawah tiang listrik di jalan. Hehehe. Kali ini Eun Tak bisa memegang dan sedikit menarik pedangnya, tapi gantian Goblinnya yang nggak siap mati karena sudah jatuh cinta ke Eun Tak. Eun Tak pun akhirnya terhempas oleh kekuatan Goblin karena ingin menghalangi Eun Tak untuk mencabut pedangnya. Goblin yang menyadari apa yang sudah dilakukannya ke Eun Tak langsung terbang ke arah Eun Tak dan menangkap Eun Tak (backhug Eun Tak). Kejadian tersebut menyebabkan kekacauan yaitu mobil-mobil bertabrakan. Dan yang membereskan kejadian itu adalah Tim dari perusahaannya Goblin, Deok Hwa dan Grim Reaper. Grim Reaper diminta menghipnotis orang-orang yang mobilnya jadi rusak. Hahaha.
Kasihan couple ini, pas Goblin sudah mulai cinta-cintanya sama Eun Tak eh dikasih tau sama nenek yang kini sudah bertransformasi menjadi wanita sexy itu kalau pengantin Goblin nggak mencabut pedangnya, dia akan mati. Dilema.

Goblinnya Menghilang Jadi Abu.
*Pengantin Goblin Nangis,
Penonton Goblin juga sama-sama Nangis*
Di episode 13, pecahlah! Banjir air mata…huaaa… saya nonton episode ini pas banget sama episode kehidupan saya yang lagi sedih. Nangis deh. Cuma nangisnya jadi bias gitu… antara nangis karena hidup saya sendiri atau sekalian emang karena nangisin “bias”. Huaaa… Pedang Goblin kecabut terus dia dengan pedang itu membunuh Park Joong Hoon. Hantu dari jaman kerajaan dulu yang sudah jahat sama dia. Goblin menghilang jadi abu. Eun Tak nya nangis kejer. Juara deh itu acting nangisnya.
Oiya, sebelum Goblin bersiap membunuh Park Joong Hoon, Goblin-Eun Tak quality time bareng lagi. Ya sebut aja sebagai last dating sebelum dia pergi ninggalin Eun Tak. Saya suka litany yang mereka baca buku bareng saling bersandar pada punggung masing-masing. Eh, terus Eun Tak nya jahil mundurin badan dan Goblin jatuh deh di pangkuannya Eun Tak. What a sweet. *mengundang kebaperan tauk sebagai orang yang suka baca buku* hahaha. Terus mereka bahas surat kontrak yang Eun Tak kasih pas di buckwheat. Goblin berdiri dan nggak mau ngasih surat kontrak yang ada di tangannya. Sementara Eun Tak berusaha meraihnya dari tangan Goblin. Eun Tak yang kalah tinggi itu malah ngasih “poppo attack” ke Goblin dan Goblinnya ketawa bahagia. Duh beneran deh itu his laughter seems so real. And describe of happiness. Eun Tak ini kalau lagi ngomong sama Goblin dan pembicaraannya menyingung soal hadiah pasti dia mikirnya dia bakalan dapat “poppo” alias kisseu. Hahaha.
Goblin - Korean Drama
"poppo attack"
Episode selanjutnya, Eun Taknya hilang ingatan. Sementara Goblin masih “mengembara” sendirian. Seperti berada di tengah-tengah dunia gitu. Eh tapi dia tetap membawa surat kontrak antara mereka berdua yang Eun Tak kasih pas Eun Tak mau mencabut pedangnya pertama kali di buckwheat field. Goblin ini merasa kalau dia harus kembali karena dia harus menepati janjinya sesuai dengan yang ada di surat kontrak itu. Ketika Eun Tak berumur 29 tahun dan niup lilin ulang tahunnya, muncullah Goblin dengan rambut panjang dan pakaian jaman kerajaan. Eun Tak mengira kalau Goblin aktor karena dandanannya seperti itu. Eun Tak merasa frustasi karena dia nggak bisa mengingat apa yang sepertinya penting yang hilang di hidupnya. Ketika Goblin menghilang, Eun Tak sempat menulis di buku kalau dia nggak boleh melupakan Kim Shin. Cuma dia nggak ingat sama sekali siapa itu Kim Shin.
Eun Tak baru mengingat kalau Goblin adalah Kim Shin ketika dia pergi ke Quebec. Dia merasa kalau itu pertama kalinya dia pergi kesana, tapi orang disana bahkan hantu (Eun Tak bisa melihat hantu lagi) justru mengenali dia. Sebelum ingatannya kembali, mereka berdua sempat makan steak bareng di restoran yang pernah mereka datangi di Quebec. Lucu liat ekspresinya Goblin. Dia kan bisa melihat masa depannya Eun Tak. Dia melihatnya ketika Eun Tak masih berumur 19 tahun. Dan dari terawangannya dia, di usia Eun Tak yang ke-29 tahun dia melihat Eun Tak makan di restoran itu bersama dengan seseorang yang Eun Tak panggil Presedir. Dan ternyata itu Goblin sendiri. HAHAHA. Lucu benar ekspresi shy cute nya.
atas: Euntak di umur 19 Tahun
bawah: Euntak di umur 29 Tahun
Makanya jangan mewek dulu, blin...
it's you, the president that Eun Tak meets
Mereka berdua akhirnya menikah dengan sederhana di buckwheat field. Dan… haduh baru juga nikah bentar Eun Tak oleh writer-nim nya dibikin meninggal karena kecelakaan. Dia menyelamatkan anak-anak kecil dari tabrakan truk. (Saya jadi mikir kenapa Eun Tak nggak manggil suaminya yang Goblin itu yang kalau dia niup lilin atau lighter bisa langsung datang buat nyelamatin dia ya?) Melihat kecelakaan itu Grim Reaper nangis. Eun Tak dan Grim Reaper bertemu di tempat tugasnya Grim Reaper (tempat biasanya dia memberikan teh untuk menghilangkan ingatan soal kehidupan ke arwah). Goblin yang ketika kecelakaan sedang telpon-telponan sama Eun Tak pun langsung ke tempat Grim Reaper. Disana dia sedih karena tau Eun Tak sudah meninggal. Eun Tak pun meminta Goblin untuk menunggunya di kehidupan yang berikutnya. Ketika Eun Tak pergi dia memilih untuk tidak meminum teh penghilang ingatan itu.
Goblinpun kesepian di tinggal sendirian. Tapi, Goblin yang dulu berbeda dengan Goblin yang sekarang. Kalau Goblin yang dulu dia hidup untuk mati. Kalau Goblin yang sekarang dia hidup untuk hidup. Dan itu terjadi setelah dia mengenal apa yang namanya cinta. The power of love. 30 Tahun kemudian, di kuburan di Quebec mereka bertemu lagi. Udah gitu aja ending buat couple ini. Kurang jelas, malah lebih jelas ending 2nd couplenya (Grim Reaper/Kim Woo Bin – Sunny).
Endingnya yang demikian
mohon diterima apa adanya ya...
Sad Love
pesan moral: hati-hati kalau ngomong takutnya kejadian
dan benar aja kan kisah cinta mereka benar-benar menyedihkan
Banyak juga yang ngeship om Gong Yoo- Kim Go Eun buat couple-an di real life. Padahal di real life Kim Go Eun nya sudah punya pasangan. Om-om juga, cuma lebih muda om Gong Yoo. Kalau saya sendiri.. I’m not a shipper. Saya hanya penikmat karya.
Goblin's Smile
Ulasan tentang Goblin nya bersambung ke Part II nya ya. Bisa dibaca disini.

No comments:

Post a Comment