Saturday, September 15, 2012

FRIENDS IN NOTE


“Karena mereka takut akan melukai hatimu”. Itulah jawaban yang aku terima dari salah seorang teman kuliahku waktu aku tanya kenapa teman-teman kuliahku seperti menjaga jarak denganku. “Bukankah aku sama saja dengan yang lain, mereka juga bisa saja terluka hatinya”. Balasku menanggapi jawabannya. Dia pun lalu meng-iya-kannya. Sebenarnya aku tidak suka diperlakukan seperti itu. Teman-teman berhati-hati terhadapku. Perlakuan seperti ini memang sudah biasa aku terima bahkan sebelum dengan teman-teman kuliah. Perlakuan ini membuat aku merasa kalau aku tidak dianggap teman oleh mereka. Aku merasa rasa pertemanan jadi berkurang. Bahkan aku merasa mereka memperlakukan aku seperti anak kecil. Mereka seperti menganggap aku adik kecil yang harus dijaga. Adik kecil yang tidak boleh melakukan keseruan yang mereka lakukan. Ya, karena ini aku merasa kalau aku tidak memiliki teman. Karena mereka lebih menganggap aku seperti adik daripada seorang teman.
Mereka takut dekat denganku karena takut melukai hatiku. Jujur, hal yang pertama aku pikirkan kalau ada orang yang mendekatiku bukan aku takut akan melukai hati orang itu. Tapi, aku akan benar-benar berpikir bagaimana aku bisa membuatnya nyaman. Aku takut membuatnya tidak nyaman. Karena aku tahu orang seperti apa aku ini. Aku tidak suka banyak bicara. Mungkin akan jadi membosankan ngobrol denganku.
Satu hal lagi pertemanan yang sebenarnya kurang aku sukai waktu kuliah ini adalah panggilan mereka. Jujur aku nggak suka dipanggil “Mbak” kecuali oleh adik kelasku atau di lingkungan yang jelas-jelas dia memang lebih muda dariku. Mereka bilang itu sebagai salah satu cara menghormati seseorang. Tapi, aku bukan orang yang gila hormat kok. Panggil aku dengan nama panggilanku saja sudah cukup. Kalau dipanggil “Mbak” rasanya kok seperti orang asing yang tidak saling mengenal saja. Padahal kita belajar di tempat yang sama. Dan rasanya nggak asik saja gitu. Selain itu, ada alasan pribadi juga sih kenapa aku tidak suka dipanggil “Mbak”. Alasannnya adalah karena panggilan itu terkadang (bahkan sampai kini masih) berjalan tidak seperti yang seharusnya dalam hidupku.

Minggu, 09 September 2012
21:38

No comments:

Post a Comment