Wednesday, August 22, 2012

MONEY AND HEALTH

Dulu...ketika saya masih kecil, saya adalah seorang anak yang boros. Selalu membeli barang-barang baru padahal barang yang lama masih bisa dipakai. Barang-barang yang biasa saya beli adalah pulpen, pensil warna dan tas sekolah. Saya suka ganti-ganti. Bahkan karena punya banyak sampai-sampai saya berpikir apa saya ini niat mengoleksinya atau gimana?hahaha. Saya jarang sekali menabung. Selain mungkin karena uang saku saya tidaklah banyak mungkin juga karena saya nggak sabaran. Tidak sabar menunggu sampai uang terkumpul banyak. Dulu saya sempat dua kali punya celengan. Yang pertama celengan ayam jago dari tanah liat yang dibeli pas dhandhangan. Yang kedua celengan plastik kura-kura. Dua-duanya berakhir dengan operasi pembedahan oleh saya sendiri. Hahaha. Saya ambilin sendiri itu uang yang sudah saya masukin celengan. Uangnya saya buat beli mie ayam. Hahaha. Waktu itu saya suka makan mie ayam bareng sama temen-temen kakak saya. Hahaha.
Tapi, sekarang saya sudah sadar. Sedikit-sedikit saya mulai berubah. Saya lebih suka menyisihkan uang saya. Saya menyadari betapa kehidupan saya dan keluraga saya begitu susah ketika saya membuat essay untuk melengkapi syarat mengikuti program beasiswa masuk ke salah satu universitas. Saya lebih suka menyisihkan uang saya untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendadak daripada dibuat shopping. Saya tidak begitu peduli dengan penampilan saya. Yang penting saya dan keluarga saya sehat. Kenapa? Karena ketika saya SMA, kakak saya pernah masuk rumah sakit sebanyak 2 kali. Dan buat keluarga saya yang pas-pas-an biaya rumah sakit adalah suatu beban. Mereka pusing mencari pinjaman uang untuk membayar biaya rumah sakit. Karena itulah saya merasa betapa pentingnya kesehatan dan menabung untuk digunakan pada keperluan mendadak seperti itu.

Rabu, 08 Agustus 2012
11:51

No comments:

Post a Comment