Saturday, February 28, 2015

Pendidikan, Ijazah, dan Pekerjaan

Beberapa kali teman seangkatan saya sewaktu kuliah membagi ceritanya di social media, tepatnya di Facebook. Dia bercerita tentang bagaimana orang lain "menghina" statusnya. Dalam hal ini dia masih seorang pencari kerja. "Ijazah sekarang tidak ada gunanya, tidak menjamin" tulis teman saya menuliskan kembali apa yang didengarnya. Teman saya merasa geram kalau ada yang menghubungkan ijazah dengan pekerjaan. Sementara itu saya pernah membaca thread orang di forum, dimana seseorang menulis tentang "Orang Sekolah itu mengejar Ijazah. Mengejar nilai dan bukannya mengejar ilmu. Orang itu mempertanyakan apa iya bener orang sekolah itu mengejar ilmu?". Kalau dari kaca mata saya sendiri menanggapi komentar-komentar miring seputar pendidikan, ijazah dan pekerjaan, saya tetap berpendapat kalau pendidikan itu penting. Ijazah itu kan memang bagian dari sistem pendidikan disini, dimana kalau selesai jenjang pendidikannya akan mendapatkan ijazah. Ijazah sendiri pun seperti menjadi syarat dalam melamar pekerjaan meski tidak semua pekerjaan membutuhkan ijazah. Ketika kita berwirausaha, ijazah kita berguna untuk menumbuhkan kepercayaan customer dimana kita adalah orang berpendidikan. Kita berpengetahuan dan berkemampuan. Kakak saya pernah berkata seperti itu.

No comments:

Post a Comment