1. Buatlah project android
baru. Disini saya menamai package dengan “com.aina.dblatihan” (tanpa tanda
petik) dan dengan activity "MainMenu" (tanpa tanda petik). Sehingga
pada saat pertama kali dijalankan akan tampil Main Menu. (Silahkan disesuaikan
sendiri).
2. Atur mainmenu.xml seperti berikut:
dan untuk strings.xml tambahkan:<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?><Button
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:id="@+id/RelativeLayout1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:background="@drawable/bgueki"
android:orientation="vertical" >
<Button
android:id="@+id/btntambah"
android:layout_width="120dp"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignParentTop="true"
android:layout_centerHorizontal="true"
android:layout_marginTop="30dp"
android:text="@string/btntambah" />
android:id="@+id/btnlihat"
android:layout_width="120dp"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_below="@+id/btntambah"
android:layout_centerHorizontal="true"
android:layout_marginTop="30dp"
android:text="@string/btnlihat" />
<Button
android:id="@+id/btncari"
android:layout_width="120dp"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_below="@+id/btnlihat"
android:layout_centerHorizontal="true"
android:layout_marginTop="30dp"
android:text="@string/txtcaridata" />
</RelativeLayout>
<string name="btntambah">Tambah Data</string>
<string name="btnlihat">Lihat Data</string>
<string name="btnedit">Edit Data</string>
<string name="btnhapus">Hapus Data</string>
3. Atur MainMenu.java seperti berikut:
4. Selanjutnya kita akan membuat kelas modelnya, yaitu kelas Mahasiswa.java. Kelas ini berfungsi untuk mendefinisikan objek barang beserta fungsi-fungsi dan atribut-atributnya.package com.aina.dblatihan;
import android.os.Bundle;
import android.widget.Button;
import android.app.Activity;
public class MainMenu extends Activity{
private Button btnTambah,btnLihat,btnCari;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.mainmenu);
btnTambah = (Button) findViewById(R.id.btntambah);
btnTambah.setOnClickListener(this);
btnLihat = (Button) findViewById(R.id.btnlihat);
btnLihat.setOnClickListener(this);
btnCari = (Button) findViewById(R.id.btncari);
btnCari.setOnClickListener(this);
}
}
Berikut ini scriptnya:
package com.aina.dblatihan;
public class Mahasiswa {
private long id;5. Kemudian kita akan membuat kelas yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam membuat dan mengakses database SQLite yang akan dipakai oleh aplikasi. Beri nama kelas ini dengan “DBHelper” (tanpa tanda petik dan silahkan sesuaikan sendiri).
private String nama;
private String alamat;
public Mahasiswa()
{
}
/**
* @return the id
*/
public long getId() {
return id;
}
/**
* @param id the id to set
*/
public void setId(long id) {
this.id = id;
}
/**
* @return nama
*/
public String getNama() {
return nama;
}
/**
* @param nama to set
*/
public void setNama(String nama) {
this.nama = nama;
}
/**
* @return alamat
*/
public String getAlamat() {
return alamat;
}
/**
* @param alamat to set
*/
public void setAlamat(String alamat) {
this.alamat = alamat;
}
@Override
public String toString()
{
return "Nama "+ nama +" "+ alamat;
}
}
Berikut adalah scriptnya:
6. Jalankan dan akan tampil Main Menu seperti berikut : (tentunya untuk gambar backgroundnya sesuai dengan yang kalian pasang sendiri. hehe).package com.aina.dblatihan;
import android.content.Context;
import android.database.sqlite.SQLiteDatabase;
import android.database.sqlite.SQLiteOpenHelper;
import android.util.Log;
public class DBHelper extends SQLiteOpenHelper{
/** deklarasi konstanta-konstanta yang digunakan pada database, seperti nama tabel,
nama-nama kolom, nama database, dan versi dari database **/
public static final String TABLE_NAME = "tb_mhs";
public static final String COLUMN_ID = "_id";
public static final String COLUMN_NAMA = "nama";
public static final String COLUMN_ALAMAT = "alamat";
private static final String DB_NAME ="db_mahasiswa.db";
private static final int DB_VER=1;
// Perintah SQL untuk membuat tabel database baru
private static final String db_create = "create table "
+ TABLE_NAME + "("
+ COLUMN_ID +" integer primary key autoincrement, "
+ COLUMN_NAMA+ " varchar(50) not null, "
+ COLUMN_ALAMAT+ " varchar(50) not null);";
public DBHelper(Context context) {
super(context, DB_NAME, null, DB_VER);
// Auto generated
}
//mengeksekusi perintah SQL di atas untuk membuat tabel database baru
@Override
public void onCreate(SQLiteDatabase db) {
db.execSQL(db_create);
}
// dijalankan apabila ingin mengupgrade database
@Override
public void onUpgrade(SQLiteDatabase db, int oldVersion, int newVersion) {
Log.w(DBHelper.class.getName(),"Upgrading database from version " + oldVersion + " to "
+ newVersion + ", which will destroy all old data");
db.execSQL("DROP TABLE IF EXISTS " + TABLE_NAME);
onCreate(db);
}
}
Fin.
Alhamdulillah.
Happy Coding.
:)
Jum'at, 24 Januari 2014
11:16
mbak mau nanya.. gimana kalau mau buat lebih dari 1 tabel? misal nya 2 atau 3 tabel? makasih sebelum nya :)
ReplyDeletemin
ReplyDeletekalau mau buat lbh dari 1 tabel gimna min
terima kasih mba blog yang sangat berguna .... sangat membantu kami yang kesulitan untuk Menyambungkan Aplikasi Android ke SQLite
ReplyDeleteKunjungi juga website saya di : https://bagussmj.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/
keren gan tutorialnya, sangat bermanfaat sekali dan menamabah wawasan saya tetang menyambungkan aplikasi android ke sqlite.
ReplyDeleteKunjungi juga website saya https://randi96.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya juga ya http://www.atmaluhur.ac.id/